Senin, 21 Juli 2008

POSITIVE

"Positif", berapa banyak dari kita yang udah familiar dengan kata ini? Maksudnya positif adalah sesuatu yang baik, yang benar, yang sejalan dengan cerita, yang bisa menimbulkan efek yang baik kepada orang lain. Ibaratnya positif adalah sisi yang baik pada suatu benda.

Kata "positif" sering digunakan dengan kata "thinking". "Positive thinking" (atau lebih tepatnya dalam bahasa Inggris: "positive thought" (pemikiran positif)). Artinya "positive thought" adalah memikirkan sesuatu yang baik, tidak berpikiran jelek-jelek terhadap sesuatu hal atau seseorang, memikirkan efek yang baik untuk ke depannya.

Apa pentingnya berpikiran positif itu?

Yup, penting sekali. Karena kalau kita berpikiran positif, maka secara tidak langsung tubuh kita melatih otak kita untuk tidak memikirkan yang buruk, melainkan yang baik. Berprasangka baik. Kita semakin serupa dengan Allah. Dengan berpikir positif, maka saraf-saraf di otak akan mengstimulasi semangat kepada tubuh kita untuk lebih terpacu dalam mengejar impian kita. Berpikir positif juga membuat kita semakin percaya diri, cuek terhadap cemoohan orang lain dan terus melangkah maju. Percayakah Anda sebagian besar pengusaha sukses dan orang-orang berhasil di dunia ini selalu berpikiran positif terhadap sekelilingnya?

Apakah berpikiran positif saja cukup?

Kalau Anda menjawab 'iya', maka Anda hanyalah seorang pemimpi saja. Seseorang yang merasa dirinya cukup dengan hanya berpikir positif hanya mengambil 25% bagian dari kesuksesan yang Tuhan sediakan untuknya. Ibaratnya orang tersebut hanya bisa bermimpi tanpa mau melakukan sesuatu yang nyata untuk mengejar mimpi-mimpinya.
Lalu apakah bagian 75%nya lagi?

Positive feeling

25% bagian selanjutnya adalah
positive feeling, perasaan positif. Kalau positive thought itu kaitannya dengan otak, maka positive feeling erat kaitannya dengan hati kita.
Kita perlu dan harus untuk melatih hal ini. Ini merupakan salah satu aspek pendukung kesuksesan yang vital dan juga yang tersulit. Berapa banyak dari kita yang sering mengecap kepahitan dan membiarkan kepahitan tersebut tinggal dan bercokol dalam diri kita?

Manusia cenderung "memusuhi" orang lain apabila pernah disakiti orang tersebut. Manusia cenderung "iri" dengan kesuksesan orang lain. Kalau sudah begitu, kita hanya akan berperasaan negatif terhadap orang tersebut, mencemoohnya. Kita akan merasa kepahitan dengan orang-orang di sekeliling kita.

Mulailah menumbuhkan perasaan yang positif terhadap sekeliling kita. Dengan tulus, bukan topeng. Tawarkan kepahitan dalam diri kita; kalau perlu ubah jadi rasa manis. Perasaan yang selalu ceria dan selalu hangat dengan orang lain. Sembilan dari sepuluh wanita suka pria humoris dan pria mana yang tidak mau berteman dengan wanita yang ramah (yang benar-benar ramah dari hatinya)?

Positive Action

Langkah selanjutnya yang berharga 25% dari kesuksesan adalah
positive action, tindakan positif. Sebuah tindakan yang selalu menyenangkan hati orang lain. Tindakan yang tidak egois, tindakan yang selalu menghormati sesamanya, rendah hati dan menarik.

Langkah ini sebenarnya cukup mudah APABILA kita sudah mempunyai
positive thought dan positive feeling. Karena apa yang dari dalam terpancar keluar. Kalau kita sudah mempunyai pikiran dan perasaan yang positif, niscaya kita akan mempunyai tindakan yang positif juga.

Dengan bertindak positif, semua orang di sekeliling kita akan melihat kemuliaan Allah. Kita akan menjadi sebuah pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Kita akan mempunyai banyak teman. Kita sudah sepuluh langkah lebih dekat dengan kesuksesan.

Iman, kasih dan pengharapan.

Adalah 25% berikutnya dan merupakan aspek yang paling penting untuk mencapai kesuksesan yang telah Tuhan sediakan buat kita.
Aspek ini merupakan aspek yang terpenting. 3 in 1. Tanpa aspek ini, mau sepositif apapun pemikiran Anda, perasaan Anda dan tindakan Anda, semuanya percuma. Ingat, kesemuanya ini harus didasarkan kembali pada Allah. Didasarkan pada iman dan pengharapan pada Allah, serta mengasihi Allah dan sesama. (1 Kor 13:13)

Dengan melakukan 75% positif dan 25% iman, kasih dan pengharapan, maka percayalah. Tidak lama lagi Allah akan mencurahkan 1000% berkatnya kepada Anda. Mungkin... lebih dari 1000% malah.. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: