Selasa, 11 November 2008

Semangat!!!

Mulai jenuh dengan keseharian kamu? Mulai bosan dengan aktivitasmu? Coba deh beberapa tips di bawah ini:

Satu. Jenuh dalam rutinitas adalah wajar. Setiap hari selalu melakukan hal yang sama. Cobalah untuk menukar dan membuat jadwal aktivitas baru. Misalnya kalau di pagi hari kita sarapan dulu baru menggosok gigi, sekarang kita gosok gigi dulu baru sarapan (ini hanya contoh kecil).

Dua. Kalau pekerjaanmu menuntut waktu yang paten dan tidak bisa diubah-ubah/ditukar, cobalah untuk menikmati pekerjaan-pekerjaanmu. Tersenyumlah setiap kali mendapat tugas dari bos. Tenangkan dirimu dan jangan emosi apabila ditegur orang lain dan tersenyumlah sesegera setelah keluar dari kemarahan orang lain. Karena satu senyum bisa membuat pikiran kita lebih positif.

Tiga. Joke atau gurauan dipercaya bisa mencairkan suasana yang tegang. Lemparlah joke-joke kepada orang lain untuk memperingan keadaan dan usahakan sesuatu yang lucu (jayus juga tak mengapa). Dengan membuat orang lain tersenyum, kita sendiri juga pasti akan tersenyum. Hanya saja, lihatlah situasi dan kondisi orang yang diajak bercanda. Jangan sampai gurauan sederhana dijadikan alasan oleh orang lain untuk menjatuhkanmu (atau menamparmu).

Empat. Quick nap. Apa maksudnya quick nap itu? Lakukan cara ini. Pejamkan matamu perlahan. Mulai pikirkan kalau dirimu sedang berada di sebuah pantai yang berpasir putih dengan lautnya yang biru. Bayangkan dirimu sedang merentangkan tangan lebar-lebar dan mulailah menghirup udara pantai dan menikmati mataharinya. Lakukan dan nikmati ini semua selama 20 detik saja. Benar-benar dirasakan. Maka kamu akan lebih semangat lagi.

Lima. Jangan melamun! Melamun bikin tambah malas. Melamun tidak sama dengan quick nap karena melamun dapat memecah konsentrasi dan membuat rasa malas semakin bertambah.

Enam. Minum kopi asin atau pahit. Jangan minum minuman manis karena gula dapat menyebabkan ngantuk. Minumlah sesuatu yang pahit yang mampu merangsang konsentrasimu.

Tujuh. Cintai pekerjaanmu. Jangan bersungut-sungut. Jangan berbantah-bantahan. Karena itu semua bisa menyebabkan kinerjamu menurun dan dimarahi bos! Kalau sesuatu dikerjakan dengan bersungut-sungut pasti hasilnya juga akan jauh dari maksimal. So, cintailah pekerjaanmu dan nikmatilah setiap sensasi di balik kegiatan yang kamu jalani.

Delapan. Berdoa. Awalilah setiap pekerjaanmu dengan berdoa. Ucapkan syukur karena tidak setiap orang mendapat kesempatan untuk bekerja di posisimu sekarang berada. Ucapkan terima kasih karena ternyata di luar sana banyak sekali orang-orang yang menganggur dan belum mendapatkan kesempatan. Mintalah kekuatan dariNya untuk setiap jengkal pekerjaanmu. Juga doakan orang lain (teman sekerja atau bos) karena merekalah "tuan"mu di muka bumi ini.

Tidak ada komentar: