Selasa, 18 November 2008

Juggling Balls

Disadur dari salah seorangCEO Coca-Cola Company. Pelajaran yang sangat berharga. Check this out!

"Bayangkan diri Anda adalah seorang juggler. Juggler adalah orang yang biasa melemparkan beberapa bola di udara dan memain-mainkannya (menangkapnya) dengan bergantian, biasanya badut. Anda adalah seorang juggler yang sedang memainkan lima bola kehidupan di udara. Lima bola tersebut adalah: karir, keluarga, kesehatan, teman dan Tuhan dan Anda sedang melempar-lemparkan bola tersebut di udara. Ketika bola itu jatuh kembali, Anda menangkapnya dan kemudian melemparkannya kembali. Anda harus menyeimbangkannya kelima bola itu kembali.

"Bola pertama: karir, terbuat dari karet. Sehingga ketika tak sengaja Anda menjatuhkanya, ia akan memantul kembali. Akan tetapi keempat bola lainnya terbuat dari kaca, sehingga apabila Anda tak sengaja melepasnya atau menjatuhkannya, bola tersebut akan cacat, tergores, retak atau bahkan pecah menjadi berkeping-keping. Keempat bola tersebut tidak akan mulus lagi sekali Anda menjatuhkannya

Anda harus mengerti bagaimana cara menyeimbangkan kelima bola tersebut di udara. Caranya:

  1. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang unik dan mempunyai kelebihan masing-masing.
  2. Jangan menetapkan tujuan hidup Anda berdasarkan apa yang orang lain mau. Targetlah sesuai dengan mimpi dan harapan Anda karena hanya Anda sendiri tahu yang terbaik buat Anda.
  3. Tidak semua hal di dunia ini harus membayar. Gratiskan sesuatu yang berharga bagi Anda dan kalungkan itu dalam loh hati Anda.
  4. Jangan kuatirkan apa yang telah terjadi kemarin dan apa yang akan terjadi besok. Hidupi hidup Anda hari ini dengan maksimal. Itu artinya bila Anda menjalani hidup Anda hari ini Anda telah menghidupi hidup Anda sepanjang hidup Anda!
  5. Jangan pernah menyerah kalau Anda masih mempunyai sesuatu untuk diberikan. Sesuatu baru akan benar-benar berhenti apabila Anda berhenti mencoba.
  6. Jangan takut mengakui ketidaksempurnaan Anda. Karena ini adalah semacam benang halus yang menghubungkan kita semua.
  7. Jangan takut mengambil resiko. Karena dengan ini Anda bisa belajar yang namanya "keberanian".
  8. Jangan menutup diri Anda dari kasih dan jangan mengatakan "cinta kasih itu omong kosong". Cara tercepat mendapatkan sebuah kasih adalah dengan memberinya; cara tercepat untuk melepaskan sebuah kasih adalah dengan menggenggamnya terlalu erat; dan cara terbaik untuk merawat kasih itu adalah dengan memberinya sepasang sayap.
  9. Jangan terlalu cepat menjalani kehidupan Anda, sehingga Anda tak hanya lupa Anda ada di mana sekarang, tetapi juga Anda lupa tujuan ke mana Anda akan pergi.
  10. Jangan lupa, kebutuhan paling emosional dari seorang manusia adalah suatu penghargaan.
  11. Jangan takut untuk belajar. Ilmu adalah harta karun yang beratnya nol kilogram yang bisa Anda bawa ke mana-mana.
  12. Jangan lupa, pakai kata-kata dan waktumu dengan sebaik-baiknya. Keduanya tidak bisa ditarik kembali atau diulang. Hidup bukan sebuah perlombaan lari, melainkan sebuah perjalanan panjang untuk diselesaikan selangkah demi selangkah.

Tidak ada komentar: