Senin, 24 November 2008

Dua Cerita yang (Tidak) Berhubungan

Perang Dunia II meletus. Banyak bermunculan pahlawan-pahlawan. Salah satunya adalah Butch O'Hare. Ia adalah seorang pilot yang menerbangkan pesawat tempur. Suatu ketika, dia berada dalam satu tim untuk tujuan sebuah misi. Ketika sudah bertolak dan terbang, ia baru menyadari kalau seseorang lupa mengisi bahan bakar pesawatnya sampai penuh. Tidak mungkin ia bisa menyelesaikan misinya dengan separuh bahan bakar. Akhirnya, sang komandan tim memintanya untuk meninggalkan formasi dan kembali ke kapal induk untuk mengisi bahan bakar dulu.

O'Hare kemudian meninggalkan formasi. Dalam perjalanan pulang, dari kejauhan ia melihat sepasukan pesawat Jepang sedang menuju ke arahnya untuk menyerang. Dengan tanpa rekan-rekan setimnya, mustahil untuk menang. Cara satu-satunya yang terpikir oleh O'Hare saat itu adalah memancing dan menjauhkan mereka. Sendirian, ia masuk ke dalam formasi Jepang dan menyerang mereka.

Pesawat Amerika dilengkapi dengan kamera yang akan memotret secara otomatis supaya para pilot dapat mempelajari medan, pergerakan musuh dan sebagainya. O'Hare menembakkan semua pelurunya sampai habis dan melakukan apapun untuk menjauhkan tentara Jepang dari timnya. Akhirnya tentara Jepang menyingkir dan menuju ke arah berlawanan. O'Hare selamat dengan luka tembak di sana-sini. Sehingga menurut kesaksiannya dan gambar yang terekam dalam kamera, oleh karena kepahlawanannya, ia diangkat menjadi seorang pahlawan. Bahkan sebuah bandara di Amerika diberi nama "O'Hare".

Waktu yang lebih lama di Chicago, ada seorang yang bernama Easy Eddie bekerja pada Al Capone, seorang gangster Amerika jaman dulu. Al Capone terkenal bukan karena sifat heroiknya, melainkan pembunuhan dan hal-hal ilegal yang ia lakukan. Dan Eddie adalah pengacara Al Capone.

Suatu ketika Al Capone dipenjara, dan dengan bantuan Eddie, AL Capone bebas. Untuk menunjukkan rasa terima kasihnya, Al Capone memberinya uang dan tanah hampir separuh Chicago. Rumahnya begitu besar sekarang dan Eddie hidup nyaman di dalamnya.

Eddie mempunyai seorang anak laki-laki. Ia sangat menyayangi putranya dan memberikan putranya segala yang terbaik. Sekolah yang baik, rumah yang nyaman, dan semua fasilitas yang terbaik diberikan kepada putranya. Hanya dua yang terbaik yang tak bisa diberikan oleh Eddie: nama baik dan contoh yang baik. Easy Eddie berpikir kalau semua kekayaan ini tidak ada gunanya. Ia sudah melakukan kesalahan dengan membela seorang mafia kelas kakap. Ia tidak memberi contoh yang baik kepada putranya.

Suatu hari ia memutuskan untuk menuntut Al Capone. Ia menarik semua kesaksiannya dan membeberkan semua kejahatan yang pernah dilakukan Al Capone. Hasilnya, Al Capone dipenjara. Tentu saja anak buah Al Capone tidak bisa tinggal diam. Dan suatu hari, Easy Eddie ditemukan tergeletak tertembak di sebuah jalanan yang sepi di Chicago.

Kisah kedua tokoh ini sepertinya tidak ada hubungannya. Tapi, tahukah kalian kalau Butch O'Hare adalah putra dari Easy Eddie?

(bahan renungan: baca Matius 5:16)

Tidak ada komentar: