Minggu, 08 Februari 2009

They Can Because They Think They Can

Sebenarnya apa sih faktor penghambat kesuksesan seseorang? Apakah keadaan lingkungan? Apakah musuh-musuh kita? Atau saingan-saingan kita? Apakah teman-teman kita?

Bukan. Faktor penghambat kesuksesan terbesar dari kita adalah diri kita sendiri. Semuanya ada di pikiran kita. Bukan orang lain, bukan pihak luar, melainkan diri kita sendiri.

Banyak di antara kita yang mengatakan seperti ini:
"Mana mungkin aku sukses, aku kan hanya tamat SMP." atau
"Mana bisa aku sukses, aku kan dari keluarga miskin." atau
"Karena fisik saya tidak sempurna, saya tak mungkin bisa."

Itulah pemikiran-pemikiran picik yang menghambat kesuksesan seseorang yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Tidak ada pihak lain yang mampu menjatuhkan mental kita sampai terpuruk selain diri kita sendiri. Ini adalah mitos-mitos yang salah!!

Tapi banyak juga orang yang terpengaruh oleh mitos itu. Betapa banyak orang di luar yang kerjaannya hanya itu-itu saja. Mereka berdiri di zona aman dan tidak mau beranjak ke level yang lebih tinggi. Mereka merasa tidak mampu. Mungkin karena latar belakang pendidikan dan lain sebagainya, mereka jadi minder. Kalau sudah begitu mereka selalu mengatai orang lain yang sukses, "Iya, mereka kan anaknya bos. So pasti donk mereka jadi bos juga." atau, "Orang tua mereka kan kaya. Makanya bisa bangun pabrik satu lagi." Ketahuilah sobat JINS, itu hanya ucapan karena orang itu iri!

Lihat keluar. Betapa banyak orang yang berasal dari keluarga miskin yang berjuang pantang menyerah hingga akhirnya mematahkan mitos-mitos di atas. Contohnya yang akhir-akhir ini paling dikenal yaitu Presiden Obama. Lihat juga Tony Christiansen (yang ngga tau cari di google ya). Meskipun ia kehilangan kedua kakinya, bisa menjadi pendaki gunung Kilimanjaro, menjadi atlit Taekwondo dan penyelamat pantai! Siapa yang bilang mitos-mitos itu tidak bisa dipatahkan?

Ucapan "Saya tak mungkin bisa karena saya tidak berpendidikan tinggi" adalah omong kosong. Sekarang lihat ke dalam diri Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri.
Apakah Anda mempunyai mimpi?
Apakah Anda mempunyai satu api yang luar biasa untuk mengejar mimpi-mimpi Anda?
Seberapa besar hasrat Anda dalam pencapaian mimpi Anda?
Apakah Anda sanggup menghadapi penghambat-penghambat dari luar?
Apakah Anda mampu menjalaninya?

Setelah menjawab kesemua pertanyaan itu, ucapkan dan katakan sekeras-kerasnya pada diri Anda sendiri (diucapkan, jangan di dalam hati) "Akan kutunjukkan pada dunia kalau aku juga BISA!". Pikirkan hal-hal yang positif. Pikirkan Anda BISA melakukannya. Orang-orang di atas bisa sukses karena mereka berpikir mereka BISA. Sekali Anda berpikir Anda takkan bisa melakukannya, Anda sudah kalah perang 70%.

Tidak ada komentar: