Rabu, 25 Februari 2009

Manusia yang Paling Sulit Dibentuk

Menurut sobat JINS, karakter manusia apa sih yang paling sulit dibentuk?

Sebenarnya ada banyak. Tapi salah satu di antaranya adalah karakter manusia yang turut bergembira atas kegembiraan orang lain.

Maksudnya turut bergembira atas kegembiraan orang lain adalah kita turut senang atas apa yang disenangi orang lain. Misalnya ada seorang temanmu yang menang suatu kompetisi sedangkan kamu hanya juara sepuluh. Banyak orang biasanya akan iri dan mulai mencari-cari faktor kecurangan orang tersebut. Kita akan mulai memandang sinis sang juara itu.

Contoh lain, kita melihat seorang teman kita baru saja melahirkan anak pertama. Teman kita sangat bersukacita. Kita mungkin tidak memandang sinis atau melecehkan. Tapi
kita menanggapi dengan biasa-biasa saja.

Ikut berbahagia pada suatu momen bahagia orang lain adalah salah satu sifat paling sulit dibentuk.

Tuhan Yesus mengajarkan hukum yang terutama adalah pada Tuhan dan sesama. Kalau ada teman kita yang menangis, hendaknya kita juga turut bersedih. Hanya janganlah sampai terlarut. Yang kuat sebaiknya menguatkan yang lemah. Sedangkan kalau ada teman kita yang lebih sukses dari kita dan berhasil, hendaknya kita juga turut meninggalkan semua permasalahan kita dan turut berbahagia dengan orang itu.

Bisa merasakan kesedihan orang lain itu baik.
Melihat teman kita menang itu juga baik.
Tapi alangkah baiknya kita tidak cemburu dan turut berbahagia dengan teman kita itu. Itu adalah hal yang terbaik.

Tidak ada komentar: