Kamis, 04 Desember 2008

New entry - new agenda

Yeah... tak terasa 22 hari lagi kita akan menginjak tahun 2009 nih. 22 hari itu cepet lohhh... Tak terasa malam hari kita menutup mata, begitu buka eh tau tau udah keesokan hari. Udah hitungan hari nih menyongsong 2009.

Sudah siap-siap
membesihkan kamar? Sudah siap membuang barang-barang usang yang udah ketinggalan jaman di tahun 2008? Atau barang-barang usang tersebut masih disimpan sampai tahun depan sampai membusuk?

Yak, mulai hari ini sudah boleh beres-beres. Pemberesan hati dengan orang-orang yang pernah disakiti, pemberesan hati dengan orang-orang yang pernah menyakiti, dan terutama pemberesan hati dengan Tuhan. Buang semua sampah-sampah hati.

Setelah semua barang usang disingkirkan, setelah ruangan hati menjadi lebih lapang, kini saatnya mengisinya dengan perabotan baru (baca: agenda baru). Tahun 2009, apa saja yang ingin Anda capai. Apakah cita-cita Anda bisa diwujudkan dalam tahun ini? Apakah di tahun 2009 Anda menarget sesuatu yang lebih tinggi? Apakah ada yang harus Anda kerjakan dan selesaikan di tahun baru ini?

Tapi pertanyaan terpenting adalah: Apakah Anda sudah merencanakannya? Atau jangan-jangan terpikirkan pun belum pernah? Ayo, tinggal hitungan hari lagi. Bila Anda tidak berencana mulai sekarang, nanti tahun 2009 juga akan Anda jalani dengan biasa-biasa saja. Tidak ada satu perasaan greget yang penuh semangat. Dan Anda sudah pasti akan membuang waktu satu tahun lagi.

Langkah-langkah menyiapkan new entry 2009:

1. Berdoa
Awali segala sesuatu dengan berdoa. Tanya pendapatnya Tuhan apakah Ia sudah menyiapkan rencana-rencana khusus untuk tahun depan. Minta penyertaannya dalam planning ini. Jangan kerja sendiri, minta penyertaan Roh Kudus juga.

2. Beres-beres
Masih ada ganjalan? Masih ada kepahitan? Masih ada masalah dengan orang yang dikasihi? Masih ada permusuhan dengan sesama? Mengapa tak coba untuk membereskan semua ini mulai dari sekarang? Datangi orang-orang yang Anda benci/yang membenci Anda. Dalam hati, berdoa dan berkatalah kepada Tuhan kalau Anda sudah memaafkannya. Atau dengan terus terang meminta maaf kepada orang itu. Sesudah itu buatlah satu komitmen dalam diri Anda kalau Anda sudah benar-benar memaafkan orang itu atau Anda tidak akan membuat kesalahan yang sama dua kali.

3. Tulis agenda
Ambil secarik kertas (sebaiknya buku).. Pejamkan mata Anda sejenak. Bayangkan apa yang Anda inginkan untuk terwujud di tahun depan. Pikirkan rencana-rencana yang harus Anda realisasikan tahun depan. Pastikan rencana Anda masih "membumi". Jangan terlalu mengkhayal. Yang pasti-pasti saja.
Kemudian, tarik napas panjang. Buka mata Anda. Hembuskan. Dan mulai tulis harapan-harapan Anda di atas kertas atau buku. Selesai? Simpan baik-baik kertas/buku itu. Buka lagi tahun depan.

4. Buat komitmen
Buat komitmen-komitmen yang Anda ingin realisasikan di tahun depan seperti berhenti merokok, menelepon nenek setiap Minggu pagi, hemat dalam belanja baju, fitness dua kali sehari, dan sebagainya. Usahakan patuhi komitmen Anda. Buat satu perubahan dalam hidup Anda. Masakan Anda mau hidup seperti ini sampai tua?

5. Berdoa lagi
Tanyakan kepada Tuhan apakah Ia berkenan dengan rencana-rencana yang sudah Anda buat. Parameternya sangat sederhana. Bila Anda memiliki perasaan damai sukacita, maka Tuhan berkenan. Bila Anda bimbang dan ragu dalam kepastiannya, berarti ada yang perlu diubah.

Sudah? Lihat lagi dan review lagi apa yang sudah Anda tulis. Mulai hari ini juga, Anda harus mulai merealisasikannya. Jangan tunda-tunda lagi. Menunda adalah salah satu dari rencana Iblis untuk menjauhkan hidup Anda dari perubahan. So, mulailah 2009 dengan agenda yang baru. Pikirkan dan lakukan mulai dari SEKARANG. Kalo bukan sekarang, kapan lagi?

Tidak ada komentar: