Minggu, 14 Desember 2008

10 Reasons Why...

10 alasan mengapa aku telat masuk kerja hari ini:
1. Aku terlambat bangun karena kemarin bergadang menonton bola.
2. Aku sakit perut dan tidak bisa menemukan koran pagi.
3. Aku keasyikan membaca koran pagi.
4. Aku memang bangun pagi, lalu aku tertidur lagi. Eh... keterusan.
5. Macet.
6. Aku tidak mendapatkan angkot.
7. Sepeda motorku mogok lagi.
8. Hujan deras, bos!
9. Aku harus mengantarkan anak ke sekolah dulu.
10. Aku ada perlu, jadi aku harus mampir dulu sebelum ke kantor.

10 alasan mengapa aku tidak mencapai target bulan ini:
1. Target terlalu tinggi.
2. Susah mencari nasabah.
3. Cuaca buruk, sehingga tidak bisa bekerja.
4. Aku bekerja di bawah tekanan.
5. Banyak calon nasabah menolak.
6. Aku banyak urusan dan pekerjaan lain.
7. Atasanku suka menindasku.
8. Aku sedang malas sekarang.
9. Aku sibuk pelayanan.
10. Aku sudah punya pacar sekarang dan waktuku untuk dia.

10 alasan mengapa aku tak menyukai temanku yang satu itu:
1. Dia cerewet.
2. Dia orangnya suka menjelek-jelekkan orang lain.
3. Dia orangnya suka menumpang.
4. Dia tidak sehobi denganku.
5. Dia suka menindasku.
6. Dia pinjam uang padaku dan belum mengembalikan sepeser pun.

7. Dia suka menyindirku.
8. Dia tidak mendengarkan kata-kataku.
9. Dia selalu mengacuhkanku.
10. Dia menusukku dari belakang.

See? 30 alasan ini kuketik dengan begitu mudah tanpa perlu berpikir panjang. Begitu mudahnya untuk mencari-cari alasan. Begitu sepelenya untuk mencari kejelekan-kejelekan orang lain. Begitu mudah mengkritik sesuatu. Begitu gampangnya berpikiran NEGATIF terhadap seseorang.

Coba sekarang sobat JINS pikirkan:
10 alasan mengapa datang di kantor lebih awal;
10 alasan mengapa Anda dipromosikan;
10 alasan mengapa Anda mau mengampuni teman kita yang satu itu.

Bandingkan waktu Anda memikirkan jawaban-jawaban itu. Di sela-sela Anda pasti membuka satu "celah" kecil yang memberikan komentar negatif terhadap diri Anda atau teman Anda atau atasan Anda.

Memang sulit untuk berpikir POSITIF. Berpikir positif adalah kebiasaan, bukan karena orang itu mempunyai sesuatu yang positif untuk dipuji. Jadi, daripada kita berpikir yang macam-macam yang membuka celah bagi Iblis untuk menanamkan keminderan, kebencian dan kejengkelan.

Sekarang,
10 alasan mengapa aku masuk kerja lebih awal hari ini:
1. Aku cinta pekerjaanku.
2. Aku bangun lebih pagi hari ini.
3. Urusanku lebih cepat selesai hari ini.
4. Aku fokus ke bidangku saat ini.
5. Semangatku sedang terbakar.
6. Aku berpikir seperti seorang manager. Dan seorang manager harus memberikan contoh yang baik.
7. Perusahaanku membutuhkanku.
8. Karyawan lain membutuhkanku.
9. Sistem relasi perusahaan membutuhkanku.
10. Aku ingin memberi lebih lagi untuk perusahaanku.

10 alasan aku suka temanku yang satu itu:
1. Dia perhatian.
2. Dia rajin dan ulet.
3. Dia pintar bermain musik.
4. Dia pintar melawak.
5. Dia sabar.
6. Dia selalu membelikanku makan siang ketika dompetku ketinggalan.
7. Wajahnya seperti Spongebob.
8. Dia yang mengajariku cinta Tuhan.
9. Dia suka membantuku.
10. Dia cantik/ganteng.

Jadi, mulai hari ini terapkan pikiran POSITIF akan setiap hal yang Anda lihat dan temui hari ini. Berhentilah mencari-cari alasan dan mencari-cari kesalahan orang lain.

Tidak ada komentar: