Senin, 01 September 2008

Pelajaran: Nama

Waktu saya masih duduk di semester tiga bangku kuliah, dosen mata kuliah Budi Pekerti saya memberikan kami kuis dadakan. Katanya, nilai kuis itu akan menjadi patokan kelulusan bagi kami semua.

Saya mengerjakan soal itu satu per satu. Semua soal bisa kujawab dengan baik kecuali soal nomor terakhir: "Siapa nama seorang ibu yang biasa menyapu dan membersihkan kampus?" Kupikir ini semacam gurauan di atas kertas lembaran kuis.

Saya memang sering melihat ibu itu. Rambutnya panjang dan perawakannya tidak terlalu tinggi, berumur sekitar 50 tahunan, tapi... mana kutahu siapa namanya? Saya mengembalikan kertas kuis tersebut dengan jawaban kosong pada soal terakhir.

Sesaat sebelum kelas dibubarkan, seorang teman saya bertanya apakah soal terakhir juga diperhitungkan. "Jelas", jawab dosen saya tegas. "Di dalam masyarakat dan dunia kerja, kalian semua akan menemui banyak orang. Semua orang berharga dan harus diperlakukan sama. Mereka layak mendapat perhatian dan hormat, bahkan mungkin hanya sekedar menyapa 'Selamat pagi' ".

Saya tidak akan lupa akan pelajaran tersebut. Saya juga belajar kalau setiap tindakan kecil kita, baik itu hanya sekedar bertegur sapa atau menundukkan kepala sedikit, akan membuat orang lain merasa lebih dihargai. Istilahnya: memanusiakan orang-orang yang seringkali dianggap tidak berharga. Saya juga belajar satu hal lain, kalau ibu itu bernama Bu Ros.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hidupku kembali !!!
Setelah 8 tahun dalam pernikahan, suami saya meninggalkan saya dengan 3 anak-anak. Aku merasa seperti hidup saya akan berakhir, dan berantakan. Saya menghubungi Anda dan setelah saya menjelaskan Anda masalah saya. Hanya dalam 3 hari, suami saya datang kembali kepada kami dan menunjukkan saya dan anak-anak saya banyak cinta dan meminta maaf atas semua rasa sakit yang telah membawa ke keluarga. Kami memecahkan masalah kami, dan kami lebih bahagia dari sebelumnya Anda adalah yang terbaik mantra kastor Dr Akim saya benar-benar menghargai mantra cinta Anda dicor bagi saya untuk mendapatkan orang saya pernah mencintai kembali ke kehidupan saya saya akan terus berbagi lebih kesaksian kepada orang-orang tentang pekerjaan baik Anda Terima kasih sekali lagi Dr Akim, jika Anda berada dalam masalah Anda dapat menghubungi orang ini untuk membantu dia selalu ada di kuil untuk membantu Anda memecahkan masalah Anda Email kontak adalah bestlovedoctor@yahoo.com ... terima kasih untuk time..God Anda memberkati