Selasa, 23 September 2008

Menemukan Kepingan Uang

Ada seorang anak kecil menemukan sepeser uang di tanah. Dia sangat gembira sekali karena tanpa bekerja ia mendapatkan sepeser uang. Hari-hari berikutnya selama masa hidupnya, ia terus berjalan menyusuri jalan-jalan, menundukkan kepalanya dan melihat ke tanah, membuka matanya lebar-lebar kalau-kalau ada uang yang jatuh.

Suatu ketika anak yang telah tumbuh menjadi dewasa (dan tua) itu meninggal karena tertabrak mobil. Seumur hidupnya anak itu menemukan 3 koin seratusan, 2 koin seribuan, 5 koin lima ratusan dan 8 koin lima puluhan. Jadi total uang yang ia temukan adalah lima ribu dua ratus rupiah.

Tanpa bekerja ia dapat uang!! Wow!! Tapi dia harus merelakan tidak pernah menikmati 31,369 kali matahari bersinar, 157 bujur pelangi yang indah, awan-awan yang silih berganti mengarungi langit biru, burung-burung yang berterbangan dan senyum hangat orang-orang yang melewatinya. Semuanya hanya karena menemukan sesuatu yang sia-sia.

Apakah Anda anak ini?: Kepala tertunduk ke bawah hanya untuk menemukan sesuatu yang kecil, sedikit jumlahnya dan sia-sia? Sebagai gantinya untuk uang lima ribu dua ratus ribu, ia harus kehilangan keindahan-keindahan di sekelilingnya. Is it worthy?

Jangan terlalu berharap untuk menemukan sedikit kekayaan. Selama kita masih hidup, nikmatilah keindahan-keindahan dunia ini. Jangan terlalu ngotot mencari uang. Uang bisa dicari, tetapi ada yang lebih berharga daripada itu: membuat orang lain berbahagia dan mencari kerajaan Allah.

Tidak ada komentar: