Kamis, 18 September 2008

Pelajaran: Hukum Tentang Biji

Coba perhatikan pohon apel. Untuk sebuah pohon ukuran besar, bisa-bisa berbuah hampir lima ratus buah per pohonnya. Setiap buahnya memiliki sepuluh biji. Jadi kira-kira ada lima ribu biji per pohon apel! Kita mungkin pernah bertanya, "Mengapa perlu sebegitu banyaknya biji-biji untuk menumbuhkan beberapa pohon apel saja?"

Alam mengajari kita banyak pelajaran berharga. Salah satunya, "Ada banyak biji pada sebuah pohon apel. Tetapi yang benar-benar menjadi sebuah pohon hanya sedikit. Jadi, kalau Anda ingin mimpi Anda menjadi kenyataan, Anda perlu mencoba lebih dari satu kali.

Ini artinya:

  • Anda terkadang menghadiri dua puluh sesi wawancara (interview) hanya untuk mendapatkan satu pekerjaan.
  • Anda mewawancara (meng-interview) ratusan calon karyawan dan hanya menemukan seorang di antaranya yang berkompeten.
  • Anda terkadang harus menawarkan kepada lebih dari lima puluh orang hanya untuk menjual satu mobil, penyedot debu, polis asuransi dan sebagainya.
  • Dan Anda mungkin akan menemui banyak kenalan dan kerabat Anda hanya untuk menemukan seorang sahabat sejati dalam hidup Anda.
Kalau kita sudah mengerti "Hukum Tentang Biji" ini, kita tidak akan kecewa. Kita tidak akan merasa terus sebagai "korban". Dengan memahami hukum ini, berusahalah dan terus bangkit untuk mencoba kembali. Jangan pernah menyerah!

Tidak ada yang bilang hidup itu mudah dan nyaman untuk dijalani. Hanya saja Anda perlu memahami diri Anda, bekerja dan berusaha terus menerus untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar: