Rabu, 07 Januari 2009

Winnie The Pooh

Semua pasti kenal yang namanya Winnie the Pooh. Yup, beruang kuning imut penyuka madu ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan adekku yang cewek pun fans paling fanatik dengan beruang ini. Tapi tahukah Anda kalau pencipta karakter Pooh ini terinspirasi dari sesuatu yang benar-benar sederhana?

Suatu hari Alan Alexander Milne bersama anaknya Christopher Rubin Milne berjalan-jalan ke kebun binatang London. Di sana mereka melihat seekor beruang yang diberi nama Winnipeg. Tuan dari Winnipeg adalah seorang letnan jendral dari Kanada. Diberinya nama Winnipeg karena kota kediaman jendral tersebut ada di Winnipeg, Manitoba. Saat perang dunia pertama jendral tersebut menyumbangkan Winnipeg ke kebun binatang London. Semua orang menyukai Winnipeg karena ia lincah dan cekatan.

Termasuk Christopher, ia sangat menyukai Winnipeg dan menamai boneka beruangnya "Winnie". Nama "Pooh" didapat dari inspirasi ketika mereka sedang berjalan-jalan melihat angsa di hari libur. Karakter Winnie the Pooh sendiri diciptakan pertama kali saat A.A. Milne berada di rumahnya di Ashdown Forest, Sussex Timur, Inggris.

Bab pertama Winnie the Pooh dirilis tahun 1925 dikemas dalam cerita Natal London's Evening News. Setahun kemudian, Winnie the Pooh dirilis dalam buku oleh penerbit Methuen & Co. Ltd. Kemudian di tahun 1928, "The House at Pooh Corner" disusul beberapa puisi tentang Winnie dalam buku cerita anak-anak. Semua itu terdapat ilustrasi yang digambar oleh E. H. Stephard.

Tahun 1930 lisensi Winnie the Pooh dipegang oleh Stephen Slesinger. Kemudian Pooh bukan hanya dikemas dalam buku cerita saja. Ada permainan, boneka dan puzzle. Dan tahun 1933 untuk pertama kalinya Pooh dan teman-temannya tampil berwarna. Selama 20 tahun lisensi Pooh dipegang Slesinger sebelum akhirnya dijual ke Disney oleh sang istri sesudah Slesinger meninggal. Mulai dari situlah Pooh berkembang menjadi kartun, buku cerita dan sebagainya.

Kesederhanaan.
Sesuatu yang besar itu tidak selalu berawal dari sesuatu yang spektakuler. Terkadang Tuhan memberi kita sesuatu yang sangat-sangat sederhana sebagai permulaan dari sebuah janjiNya yang sangat-sangat besar.

Lihat saja karakter Pooh. Diciptakan lewat sesuatu yang sederhana - boneka beruang anaknya. Inspirasi yang sangat sederhana. Tapi lihatlah lewat sesuatu yang sederhana itu bisa menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Seperti ketika Yesus memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan. 5 roti dan 2 ikan!!! Bisa dibuat untuk makan malam 5000 orang! Bayangkan! Dari sesuatu yang kelihatan sederhana menjadi sesuatu yang besar.

Cara Tuhan kebanyakan adalah cara yang sederhana. Tuhan jarang menggunakan cara-cara yang spektakuler untuk menunjukkan kuasaNya. Bagi orang yang skeptis yang mengatakan, "Itu hanya kebetulan," biarlah mereka berkata seperti itu. Tapi tujuan dari Yesus mempertahankan kesederhanaan dalam memberi jawaban hidup adalah supaya tidak mengubah karakter kita. Setiap manusia unik, dan Tuhan tidak mau karakter kita diubah sehingga mirip orang lain.

Bila hari ini Anda sedang punya masalah dan Anda menanyakan jawaban kepada Tuhan, pesan saya: mulailah belajar peka dengan sekeliling Anda. Siapa tahu Tuhan memberikan jawabanmu dengan sangat sederhana yang bahkan tidak kau sadari.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: