Selasa, 06 Januari 2009

PRIDE is on YOU

2009 telah tiba. Jadikan tulisan ini sebagai salah satu bahan renungan untuk apa yang kamu rencanakan di tahun 2009 ini.

Banyak di antara kita yang sering merasa bangga. Aku bangga memiliki orang tua yang baik. Aku bangga memiliki seorang sahabat yang serba bisa. Aku bangga bisa berprestasi luar biasa di dunia pendidikan maupun pekerjaan. Aku bangga punya pacar cantik. Aku bangga ini... aku bangga itu..

Bangga - itu kita sering mengapresiasikan pada orang lain. Mungkin orang lain itu mempunyai sebuah kelebihan, atau sesuatu yang positif sehingga membuat kita merasa lebih "terhormat" memiliki dia. Bangga adalah perasaan lumrah dan bukan berarti sombong. (Bangga bisa mengakibatkan sombong, tapi bangga itu BUKAN sombong.)

Kemarin sore saat aku sedang asyik berkendara di jalan, cuaca sedang hujan deras dan sepi. Entah kenapa tiba-tiba seperti ada Roh Kudus yang membisikkan di telingaku dan memberi sebuah inspirasi tahun ini. Sebelumnya, aku sudah menulis banyak sekali visi dan misi serta tema tahun 2009 ini. Tapi entah kenapa kemarin sore aku digerakkan oleh Roh Kudus akan sebuah visi yang sama sekali baru (dan tidak pernah kupikirkan sebelumnya).

Roh Kudus mengatakan "Pride is on you" kepadaku. Yap, sederhana sekali. Tuhan ingin mengatakan kepadaku perihal kebanggaan pada diriku. Selama tahun 2008, aku banyak bangga terhadap orang lain. Aku bangga terhadap seorang sahabatku yang berhasil masuk ke sebuah kejuaraan tingkat nasional, aku bangga terhadap pekerjaan yang kudapatkan dan sebagainya.

Tapi itu tahun 2008.

Di tahun 2009 ini, Roh Kudus menegurku untuk tidak lagi bangga kepada orang lain, melainkan buat orang lain bangga akan dirimu. Buat orang tuamu bangga punya anak sepertimu, buat perusahaanmu bangga telah merekrutmu, buat sahabatmu bangga punya saudara sepertimu, buat gerejamu bangga punya jemaat sepertimu, dan yang terpenting, buat Tuhan bangga memiliki anak sepertimu.

Ini baru tanggal 5 di bulan Januari 2009. Masih panjang perjalanan tahun 2009. Mengapa aku tak memulai segala sesuatu dengan maksimal supaya orang lain boleh bangga punya seorang JINS. Bangga terhadap orang lain itu hal yang mudah. Akan tetapi membuat orang lain bangga padamu itu susahnya minta ampun.

Malam itu di tengah hujan aku berdoa memohon HIKMAT dari Allah Bapa supaya aku bisa menjadi kebanggaan di tahun 2009 ini. Aku harus berusaha keras, aku harus berjuang supaya orang lain bangga memiliki teman/anak/sahabat sepertiku.

Jadilah kebanggan bagi orang lain. Jangan hanya bisa bangga pada prestasi orang lain.

Tidak ada komentar: