Selasa, 27 Januari 2009

Kronos dan Kairos

Apa itu kronos dan kairos? Kedua kata ini berasal dari bahasa Yunani dan dua-duanya bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "waktu". Dalam bahasa Yunani, waktu dibedakan menjadi dua: "kronos" dan "kairos". Lalu, apa perbedaan di antara keduanya?

Kronos adalah waktu yang berjalan, sifatnya kuantitatif dan sekuensial. Contohnya adalah detik ke menit, menit ke jam, jam ke hari, hari ke minggu dan seterusnya. Kronos bisa diartikan pengertian waktu secara umum.

Kairos adalah momen yang tepat, momen yang spesial. Sifatnya hanya sesaat dan kualitatif. Artinya waktu singkat di mana sebuah momen berharga atau langka terjadi.

Hari ini JINS mau membahas tentang waktu Tuhan (God's kairos).

Kita sering mendengar, "Aku ga punya banyak waktu nih!" atau "Aku ga punya waktu untukmu." Waktu, adalah sesuatu yang hanya berjalan maju dan tidak bisa ditarik mundur tidak peduli seberapa hebat dirimu. Kronos terus berjalan maju. Dan di dalam kronos, Tuhan memberikan kairos-kairos kepada kita. Kairos tersebut berkata soal kesempatan. Mungkin itu kesempatan untuk menginjili orang lain, kesempatan untuk lebih maju, promosi dan titik balik yang akan mengubahkan hidupmu. Tapi sayangnya, seringkali kita kelewatan kairos-kairos yang diberikan Tuhan tersebut.

Beberapa waktu lalu tetangga saya sedang sekarat di rumah sakit. Saudaranya kemudian memanggilku agar aku mendoakan dia. Saya menyanggupi tetapi saat itu saya sedang sibuk dengan urusan-urusanku yang lain sehingga saya terus menunda. Seminggu kemudian, saya menerima kabar kalau tetanggaku sudah meninggal dunia.

Langsung saya berlutut dan memohon ampun pada Tuhan. Saya baru saja menyia-nyiakan sebuah kairos berharga (sangat berharga) yang diberikan Tuhan padaku dan saya sangat menyesal. Orang itu meninggal tanpa punya kesempatan mengenal Yesus dan itu hanya gara-gara saya terlalu sibuk?!?

Sobat JINS, berapa banyak dari kita yang sering bertindak bodoh seperti saya waktu itu? Ada kesempatan singkat (kairos) yang akan mengubahkan hidup kita maupun hidup orang lain. Tapi sudah berapa banyak yang sudah kita lewatkan?

Lalu bagaimana cara agar kita tidak melewatkan kairos-kairos itu? Dekat denganNya hanya satu-satunya cara. Ingat! Kairos itu bisa lewat seseorang di antara kita bahkan dari orang yang tidak kita sukai. Belajar peka dengan suara Tuhan, minta hikmat dari padaNya dan pandai melihat peluang.

Sobat JINS, hari ini sudah menginjak tanggal 28. Sudah hampir satu bulan berlalu dari tahun 2009 ini. Sudah berapa banyak kairos yang kamu manfaatkan? Dan berapa kairos yang kamu lewatkan? Mulai detik ini, kenallah Tuhan lebih lagi dan manfaatkan setiap kairos yang Tuhan beri. Mumpung kita masih muda, belajarlah dari pada kesalahan dan terus semangat! Pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Hiduplah dirimu dengan sesuatu yang positif. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: