Senin, 26 Januari 2009

Tentang Kerbau

Xin nian dao, xin nian hao!

Gong Xi Fa Cai buat semua sobat JINS!!! (Ga nolak angpo kalo mau kirim hehe...)

Konon katanya orang Cina tahun ini adalah tahun kerbau. Kalau tahun tikus kemarin banyak yang bilang akan gesit seperti tikus (asal jangan seperti bangkai-bangkai tikus di pinggir jalan yang kurang gesit). Lalu apa yang bisa kita pelajari di tahun kerbau ini? Apa saja harapan-harapan di tahun kerbau ini?

Kerbau adalah seekor binatang yang orang Cina percaya sebagai binatang pekerja keras. Siang malam membajak sawah tak pernah lelah. Sifatnya slow but steady (itu kalau sapi). Kalau kerbau bersemangat dan berapi-api. Orang Cina mempunyai banyak sekali ungkapan yang menggunakan kata "niu" (sapi/kerbau, red). Dan juga banyak di antaranya bisa kita pelajari dari seekor niu.

Kerbau pekerja keras.
Kerbau selalu bekerja siang dan malam membantu petani membajak sawah. Ia hanya melenguh dan makan seadanya. Tapi semangatnya untuk bekerja luar biasa. Kadang-kadang aku berpikir melangkahkan kaki di atas sawah itu berat sekali, lebih berat daripada di atas aspal. Tapi seekor kerbau melangkahkan berapa ribu langkah di atas tanah becek itu dalam sehari?

Tenaga kerbau luar biasa.
Kerbau itu kuat loh. Lihat saja siluman kerbau di film Sun Go Kongb (Kera Sakti, red). Di tahun kerbau ini punya kekuatan dan energi seperti kerbau. Jaga stamina, jangan gampang sakit, supaya mempunya tenaga untuk bekerja.

Semangat kerbau mantap bener!
Ga percaya? Coba kamu pakai baju dengan jubah selembar kain merah yang melambai di belakangmu kemudian kamu lari-lari di depan seekor kerbau (baca: banteng) Spanyol. Pasti deh kerbau itu bakal dengan semangat mengejar kamu dan kamu juga bakal semangat ngacirrrrr...... Kalau di Spanyol, matador memancing kemarahan kerbau dengan kain merah hanya untuk dan funshow saja, tapi kita lihat semangat kerbau (banteng) itu. Tidak akan pernah menyerah menyeruduk kain itu.

Kerbau itu kokoh.
Seekor kerbau sedang berdiri tegap sambil mengunyah rumput dengan santai. Kemudian datang seorang sobat JINS dan mendorongnya agar ia berpindah tempat. Sobat JINS itu mendorongnya dengan sekuat tenaga tetapi kerbau itu masih belum bergerak satu senti pun dari tempatnya. Malah ia memandangi orang itu sambil mengunyah rumputnya. Beberapa usaha kemudian dan sobat muda itu pun akhirnya menyerah. Kerbau itu tidak goyah sedikitpun.

So, sobat JINS. Milikilah jiwa keuletan untuk bekerja keras seperti kerbau; semangat yang tak pernah surut, bahkan kita harus membuat orang lain lebih bersemangat; tenaga yang terus terjaga (jaga kesehatan); dan kepercayaan diri, kemantapan hati seperti kerbau yang tidak mudah digoncangkan iblis.

Tapi ingat, ada beberapa hal yang patut kita waspadai di tahun kerbau ini.

Kerbau itu malas?
Kalau kerbau udah duduk dan mengunyah rumput, susah banget untuk diajak bekerja lagi (Hayo... siapa yang kalau pagi hari susah dibangunin?) Kerbau mudah terlena oleh keadaan dan cenderung "jatuh" dalam hal kenyamanan.

Kulit kerbau itu tebal.
Bagi orang Cina, idiom "berkulit tebal" itu artinya bandel, keras kepala dan keras hati. Kadang-kadang kalau hanya dipukul tidak terasa sakitnya (harus dikitik-kitik). Jangan jadi keras kepala dan menutup telinga kita pada suara Tuhan. Ingat, suara Tuhan juga bisa dari teman-teman kita loh!

Kerbau, apalagi banteng, pemarah!
Orang yang suka marah tidak jelas arah tujuannya tidak baik. Seperti banteng Spanyol, dipancing dikit aja udah marah. Wah, kalau sudah begitu hanya bisa ditertawakan orang lain. Milikilah hati yang tidak mudah marah. Di tahun ini, jangan cepat marah-marah ya....

Itulah beberapa hal yang patut kita pelajari dan kita waspadai di tahun kerbau ini. Mumpung 2009 baru berlalu satu bulan, masih ada banyak kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Karena manusia bisa belajar dari apapun, termasuk seekor kerbau.

Tidak ada komentar: