Senin, 09 Maret 2009

Tidur

Tahukah sobat JINS pentingnya tidur itu? Tahukah sobat JINS seseorang yang kurang tidur meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya sebesar tiga kali lipatnya? Semua orang butuh tidur. Dengan tidur, bangun pagi akan terasa lebih segar, pikiran lebih jernih dan semuanya lebih fresh.

Tidur di bawah tujuh jam meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya. Sedangkan tidur di atas delapan jam beresiko terkena gangguan kesehatan. Tidur yang cukup adalah enam sampai delapan jam. Tentunya harus dengan kualitas yang baik dan bukan asal tidur.

Berikut beberapa manfaat tidur:

Memperbaiki sel-sel tubuh

Tubuh akan memproduksi protein lebih ketika tidur. Dan dengan protein akan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak, yang dipakai selama seharian. Kerusakan sel-sel mungkin dari asap kendaraan yang kita hirup, sinar matahari, benturan dan lain sebagainya. Ketika tidur, tubuh akan memperbaikinya.

Menjaga kesehatan jantung

Dalam keadaan sadar, tekanan darah dan tekanan jantung selalu di bawah tekanan kerja yang berat. Dengan tidur, membuat jantung dan tekanan darah lebih rileks, lebih nyaman. Dengan rileksnya otot-otot ini membuat kemungkinan untuk terserang stroke dan penyakit jantung lebih kecil.

Mengurangi tingkat stress

Setelah beristirahat semalaman, tidur yang berkualitas akan bisa mengurangi tingkat stress organ, otot dan seluruh tubuh manusia. Stress biasa didapat dari setiap aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Memperbaiki daya ingat

Banyak di antara orang yang mudah melupakan satu janji atau tanggal karena kurang tidur. Tidur yang berkualitas bisa menyembuhkannya. Saat kita tidur, otak kita sibuk mengkorelasikan memori kita. Dengan tidur, kita akan bisa dengan mudah mengingat satu pengalaman tertentu, daya ingat yang lebih baik, dan daya cerna otak yang lebih encer.

Membantu mengendalikan berat badan

Mungkin ini informasi baru buat para sobat JINS. Tidur yang nyenyak dapat membantu menghasilkan hormon yang bisa mengendalikan nafsu makan. Dengan tidur, kita dapat mengendalikan berat badan kita (luar biasa bukan).

Kekurangan tidur bisa berakibat fatal. Dengan kurang tidur, dapat mempengaruhi
  • Reflek tubuh kita
  • Penilaian
  • Jarak pandang
  • Pengolahan informasi
  • Ingatan yang cepat lupa
  • Penampilan
  • Motivasi
  • Kesabaran
  • Tingkat stress
Jadi, mau tidur yang nyenyak malam ini?

Tidak ada komentar: