Kamis, 02 April 2009

Buzzards, Bats and Bumblebees

Seekor buzzard (sejenis elang), bila ditempatkan di sebuah kurungan seluas enam atau delapan kaki dengan tutup terbuka tidak akan bisa terbang keluar dari kurungan. Mengapa? Ini dikarenakan seekor buzzard harus mengambil ancang-ancang untuk berlari sejauh sepuluh sampai dua belas kaki sebelum benar-benar terbang. Oleh sebab itu, bila ia ditempatkan ke kurungan yang lebih kecil, ia tidak bisa terbang (dan terpenjara selamanya).

Seekor kelelawar yang lincah bahkan pada malam hari sekalipun bila ia ditempatkan di sebuah tanah yang datar di lapangan terbuka sekalipun, ia tidak akan bisa terbang. Kelelawar itu hanya akan berputar-putar kebingungan dan tidak bisa terbang. Barulah setelah ditempatkan di posisi yang agak tinggi baru ia bisa terbang.

Seekor tawon besar apabila dimasukkan ke dalam sebuah gelas transparan akan tetap di sana sampai ia mati (padahal ujung atas gelas tersebut terbuka). Tawon itu tidak akan mencari jalan keluar yang ada di atasnya. Ia selalu mencari bagian sisi gelas dan dasar gelas, di mana tidak ia akan temukan jalan keluar sampai ia mati di dalamnya.

Banyak di antara kita yang seperti buzzard, kelelawar dan tawon itu. Kita sibuk mencari-cari jalan keluar suatu permasalahan tanpa menyadari jalan keluar sebenarnya ada di atas kita.

Tidak ada komentar: