Selasa, 17 November 2009

Memberi Pasti Menerima


Pengen dikejar-kejar berkat?
Pengen berkat melimpah ruah?
Pengen Tuhan memberkati Anda lebih lagi?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di dunia ini agar Tuhan berkenan kepada kita dan mau mencurahkan berkat-berkatnya kepada kita. Salah satu prinsip dari orang yang dikejar-kejar berkat adalah "memberi". Siapapun yang memberi pasti menerima. Siapapun yang memberi tidak akan berkekurangan melainkan akan diberi kelimpahan lagi dan lagi.

Memberi identik dengan memberi secara material berupa uang dan sebagainya. Tapi sebenarnya, untuk dikejar-kejar berkat tidak hanya berupa material saja yang harus kita beri.

1. Memberi secara material
Memberi secara material bisa dilakukan di panti sosial, malam pengumpulan dana dan juga persembahan di gereja. Kecenderungan orang jarang mau memberi karena berbagai alasan. Sedang bokek lah, sedang butuh uang, dan sebagainya. Hal itulah yang juga menahan berkat bagi diri kita sendiri. Kita tidak mau memberi, pelit, bagaimana juga Tuhan bisa memberi kita kalau kita pelit?

2. Memberi lebih
Kalau kamu diupah 100, janganlah kamu memberikan 100. Berilah 200.
Walk two miles! Berjalanlah dua mil! (Matius 5:41)
Orang yang memberikan sesuai dengan apa yang ia dapat tidak akan mendapatkan lebih. Berkat tidak akan mengejar-ngejar ia karena apa yang ia lakukan sudah sepantasnya. Sebaliknya, berikan lebih daripada apa yang diminta. Hal itulah yang akan dikenan Tuhan.

3. Memberi waktu
Terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, bisnis dan juga hal-hal kesenangan lainnya sering membuat kita jauh dari kehidupan sosial, kehidupan rohani dan keluarga kita. Berapa banyak orang yang menyesali kehidupan ini karena ia memiliki segalanya tapi tidak punya teman atau sahabat, tidak punya Allah yang memperhatikannya, kesepian.

Berilah waktu barang sejenak untuk memperhatikan sekelilingmu: teman, sahabat, keluarga dan diri sendiri. Jadikan setiap waktu berharga dan bukan sia-sia.

4. Memberi kehangatan
Yang dimaksud di sini adalah memberikan kenyamanan dan kelegaan kepada orang lain. Jadikan dirimu sedemikian rupa sehingga ketika seseorang yang sedang lesu di dekatmu, ia akan kembali ceria dan hidup kembali.
Seorang enterpreneur yang sukses adalah sebenarnya sosok yang memiliki kepribadian yang warm, hangat, menyenangkan dan fun. Setiap orang yang berada di dekat orang seperti enterpreneur ini akan bisa turut merasakan kehangatannya.
Jadikan dirimu sebagai pribadi yang hangat dan menyenangkan. Berilah kehangatan itu kepada orang lain, maka percayalah, kalau berkat itu akan mengalir.

5. Memberi semangat
Orang yang dikejar-kejar berkat selalu menularkan semangat yang dipunyainya kepada setiap orang yang di dekatnya. Setiap orang yang lesu dan lemas akan kembali bersemangat di dekatnya.
Kalau Anda punya api Roh Kudus, tularkan jiwa yang berapi-api itu kepada orang-orang di dekatmu.
Kalau Anda sedang on fire dengan Tuhan, tularkan itu!
Jangan diam, jangan sok cool, jangan jaga image. Beri semangat itu!

Punyai prinsip "memberi pasti menerima". Orang yang memberi tidak akan berkekurangan. Orang yang memberi pasti akan menerima berkali-kali lipat dari apa yang diberi. Ini adalah hidup, hidup berkelimpahan yang dikejar-kejar berkat.

Jadi, apakah Anda siap memberi hari ini?

Tidak ada komentar: