Senin, 09 November 2009

Aminorang!!


Aminorang dalam bahasa Sikha yang terletak di Maumere, Nusa Tenggara Timur, berarti "kami ada!". Kata ini umumnya diucapkan atau diteriakkan orang pada saat keadaan yang menakutkan, contohnya pada saat bencana alam seperti gempa dan tsunami yang memang pernah melanda daerah itu. Selain berteriak "Aminorang!!", masyarakat juga membunyikan tetabuhan dan bahkan memaksa ternak-ternaknya untuk bersuara. Hal ini dimaksudkan sebagai penanda bahwa masih ada kehidupan di bumi sekaligus seruan permohonan agar Tuhan Sang Pemilik Semesta tergerak hatiNya oleh belas kasihan dan menghentikan bencana tersebut.

Sama seperti suku Sikha, kita juga berteriak "Aminorang!" ketika kita sedang susah. Kita membuat kegaduhan supaya mata Tuhan tertuju pada kita dan menaruh belas kasihan pada kita. Tapi di sisi lain, banyak juga orang-orang yang mencoba menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa berseru pada Tuhan. Hal ini dikatakan adalah sia-sia. Malah kadang-kadang permasalahan menjadi semakin ruwet dan tidak kunjung selesai.

"Aminorang!!" lah pada Tuhan. Ia adalah Allah Maha Pengasih. Dengan penuh rasa belas kasih, Ia akan membantu kita menyelesaikan masalah. Tuhan menggembleng kita lewat masalah, tapi Ia berjanji tidak akan membiarkan kita sendirian. Tuhan akan selalu menolong kita, asalkan kita berseru dan meminta padaNya. Firman Tuhan sudah berkata kalau barangsiapa mengetuk akan dibukakan.

Oleh karena itu, bila hari ini Anda sedang mengalami permasalahan, berteriaklah "Aminorang!" dan berserah penuh padaNya.

Tidak ada komentar: