Jumat, 22 Januari 2010

KASIH


Kasih merupakan hal yang terbesar yang pernah ada di dunia ini. Seperti komunitas ini, kita berusaha mengenal lebih jauh bahwa kasih itu seperti apa sih.. Seperti kata-kata ini "Tanpa kasih manusia tidak dapat hidup seutuhnya, tetapi kasih dapat juga membuat manusia tidak hidup." Maksudnya adalah kasih merupakan hal yang sangat berarti dan memiliki penuh makna. Dalam kasih kita dapat melakukan segalanya, bahkan bisa melakukan sesuatu meskipun resikonya sangat mengerikan. Sampai Tuhan kita, Yesus Kristus rela mati untuk kita.

Kita sering berkata tentang kasih dan kasih, dan mungkin kita tidak terlalu memaknai makna kasih itu. Ada kutipan kata dari Bunda Teresa, dia berkata seperti ini" Memberi tanpa mengasihi dapat dilakukan, tetapi mengasihi tanpa memberi itu mustahil". Ia menekankan kasih itu pada makna pemberian. Pemberian bisa saja bukan berupa materi tetapi hati kita terhadap orang lain. Bisa doa, perhatian, kehadiran kita, dll.
Kita harus mengerti kasih yang benar. Dan kata-kata Bunda Teresa itu benar, sesuai alkitab. Mengerti kasih adalah bukan menurut cara pandang kita sendiri atau pun yang lain, tetapi menurut cara pandang Tuhan saja. Bagaimana cara mencari tahu cara pandang Tuhan? Alkitab dan doa.

Ada beberapa point tentang kasih :
1. Tuhan ialah kasih. Tuhan = kasih. Jadi barangsiapa memiliki Tuhan di dalam hatinya, maka ia akan memiliki kasih yang melimpah. Kita harus menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat di hati kita terlebih dahulu, baru dapat mengerti dan melakukan kasih yang benar.
2. Karunia Tuhan adalah penyataan kasihNya lewat pengorbanan Yesus di kayu salib. Kasih terbesar Tuhan ditunjukkan lewat penderitaan bahkan kematian Yesus di kayu salib.
3. Ialah suatu motif tindakan yang berkenan pada Tuhan. Tanpa kasih, dalam melakukan sesuatu kita tidak akan dikenan oleh Tuhan. Meskipun hal itu adalah berkotbah, melakukan pekerjaan baik, taat Firman Tuhan, tetapi bila dasarnya bukan kasih, maka semua itu omong kosong.
4. Kasih tidak berkesudahan. Dan masih banyak lagi sifat-sifat kasih yang tertuang dalam alkitab.

Pokoknya, kasih merupakan hal yang terindah yang dapat kita rasakan. Sungguh indah, sangat indah, tiada yang menandinginya.

1Yohanes 4:10
"Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita."

1Korintus 16:14
"Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!"
Kasih yang besar untuk Tuhan dan sesama!

Do all activity with true love friends..!^^
God blessss...

1 komentar:

Budhi mengatakan...

Yup setuju! tapi kasih itu proses yang panjang. dan saya sering kali stress setiap kali gagal untuk mengaplikasikan pada saat diperlukan. untuk mengasihi disaat semuanya baik memang gampang. tapi pada saat sebaliknya, semuanya terasa begitu berat