Kamis, 20 Agustus 2009

Budaya Barat vs Budaya Timur


Postingan ini adalah murni dari pemikiran penulis sendiri. Jadi apabila ada ketidaksetujuan, sanggahan dan sebagainya, mohon disampaikan dengan sebagaimana mestinya.

"Hare genee masih ributin soal adat timur dan barat??"

Ya, seperti itu juga pemikiranku saat ini. Apa masih jaman memperdebatkan soal budaya timur dan barat? Sebagai informasi, definisi "budaya timur" dan "budaya barat" sangat berlawanan. Bagi orang Indonesia, "budaya timur" adalah budaya yang baik-baik, yang sopan-sopan, yang tidak melanggar norma agama dan kesusilaan (setidaknya norma agama dan kesusilaan di Indonesia). Sedangkan bagi orang Indonesia, "budaya barat" adalah budaya yang jelek-jelek saja semisal kumpul kebo dan sebagainya.

Apakah kedua definisi ini benar?

Menurut penulis, TIDAK. Kalau sudah begini, anggapan orang Indonesia adalah: orang Indonesia orangnya sopan-sopan, taat beragama dan baik-baik. Dan sebaliknya orang-orang barat adalah orang-orang yang jelek, yang selalu melanggar norma agama dan sebagainya. Berarti timur = baik; dan barat = tidak baik.

Padahal, pada kenyataannya bumi itu bulat . Tidak jelas mana yang dibagi timur dan mana yang barat.

Orang Indonesia juga jangan mempunyai satu paradigma yang salah di mana menganggap budaya barat = jorok, jelek, porno dsb. Padahal kalau dilihat-lihat, betapa banyaknya budaya barat yang positif dibandingkan dengan sebagian kecil yang kurang baik. Coba lihat saja internet. Internet, komputer dan semua jaringannya adalah teknologi barat. Contoh lainnya teknologi: telepon, TV , kulkas dan riset pengetahuan lainnya, kalau bukan negara barat, siapa lagi. Kita yang notabene merasa sebagai "orang timur" juga mau tak mau mengadopsi. Contoh lainnya adalah sistem negara demokrasi. Bukankah ini juga budaya barat? Lantas mengapa kita orang timur mengadopsinya?

Dan asal tahu saja, kumpul kebo, seks bebas itu sama sekali bukan budaya barat. Orang tua orang barat tidak akan mengajarkan anak-anaknya untuk tinggal serumah dengan pacarnya, ML dengan pasangan yang bukan semestinya. Itu semua bukan budaya!! Itu adalah civilization, sebuah peradaban, di mana sudah bergeser dari yang sebagaimana mestinya.

Apakah kita sebagai orang timur merasa diri kita suci? Tidak kumpul kebo, tidak neko-neko. Buktinya, prostitusi semakin merebak, banyak orang kumpul kebo juga. Kalau ditangkap, pasti deh nyalahin ke budaya barat (contohnya: "iya nih, kita udah keracunan budaya barat.") Kambing hitam!! Padahal diri sendirinya sudah rusak.

Mengapa penulis mengangkat tema ini? Tak lain dan tak bukan adalah kontroversi klasik dari jaman dahulluuuuuuuuuu kalaa. Apakah itu?

Miss Universe.

Yak, padahal Zivanna Letisha Siregar sudah berusaha habis-habisan untuk tampil di sebuah ajang internasional yang paling bergengsi untuk pemilihan putri dunia, eh malah di negara asalnya sendiri Zizi tidak didukung! Alasannya konyol dan sepele: karena ada swimsuit contest. OMG!!! "Tidak sesuai budaya timur" lah, "Vulgar" lah.. itu jadi alasannya!! Bahkan TV lokal pun mensensor ketika Zizi sedang ikut parade baju renang. Takut dilempar FPI mas?

Sobat JINS, sudah bukan jamannya lagi ributin budaya timur atau barat. Budaya barat tidak pernah mengajarkan hal-hal yang buruk, kita nya saja yang selalu mempelajari hal-hal yang buruk. Budaya timur juga bukan budaya paling suci. Buktinya banyak di antara kita yang hidupnya kacau. Narkoba, seks bebas itu bukan budaya barat. Tapi entah kenapa orang Indonesia menganggapnya budaya barat. Mungkin cari kambing hitam kali ya? Padahal kalau dilihat di peta, Arab dan Timur Tengah lainnya juga berada di barat-nya Indonesia loh. Kalau begitu, mana yang barat dan mana yang timur nih?

Sobat JINS, grow up! Dewasalah!! Tidak ada gunanya meributkan salah siapa. Yang penting hati kita tertuju pada Tuhan. Hidup dengan buah-buah Roh, dan jangan mengikuti kedagingan. Yang lebih penting lagi, tetap dukung Zizi di ajang Miss Universe 2009. Jangan mendiskreditkan beliau hanya karena secuil dari serentetan rangkaian acara yang panjang. Dukung Indonesia! Jangan yang lain!!

God Bless You Full...

Tidak ada komentar: