Selasa, 21 April 2009

Money & Love

Kasih dan Uang merupakan realitas yang kita hadapi setiap hari. Kasih merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang. Sedangkan uang, kita membutuhkannya untuk hidup. Setiap hari kita berkerja keras membanting tulang untuk mendapatkan uang. Kedua hal ini menjadi sangat penting bagi hidup setiap orang, dan setiap rumah tangga. Sehingga kedua hal ini disebut sebagai pondasi rumah tangga. Tentunya kita memerlukan pengertian yang benar bagaimana bersikap akan kedua hal tersebut bukan?

Kasih
Ada 4 jenis Kasih yaitu agape, phileo, storge, dan eros.

Kasih agape adalah kasih tanpa syarat. Terus memberi dan memberi. Kasih karena apa yang dilakukannya, bukan bergantung karena bagaimana perasaannya.

Kasih Phileo adalah kasih yang memiliki minat yang spesial kepada seseorang atau sesuatu, sering kali dengan fokus kepada kerja sama yang dekat; memiliki kasih sayang terhadap, seperti memandang seseorang sebagai sahabat.

Kasih Storge adalah kasih dan sayang yang muncul secara alamiah antara orang tua dan anak-anak, dapat muncul di antara saudara kandung, dan muncul di antara suami dan istri dalam pernikahan yang baik.

Kasih Eros adalah kasih seksual atau hasrat kasih.

“Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN” (Amsal 19 :14). “Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan TUHAN” (Amsal 18:22).

Pada kedua ayat tersebut menyatakan bahwa istri atau pasangan hidup kita berasal dari Tuhan. Keintiman antara suami istri bukan saja melulu soal seksual. Ada hal-hal lain yang lebih penting. Untuk memperloleh keintiman yang lebih dalam kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

Hubungan Sex.
Hubungan Sex adalah hal yang indah yang Tuhan ciptakan bagi kita yang hidup dalam pernikahan sah. Hanya saja saat ini hubungan sex manjadi segala-galanya dalam sebuah hubungan pasangan. Padahal hubungan sex hanya berlangsung beberapa jam dibandingan hubungan seperti komunikasi antara pasangan, atau aktifitas yang dilakukan bersama. Hubungan sex hanyalah sebagian saja dari keintiman.

Tertawa.
Tertawalah bersama pasangan Anda akan masa depan. Memiliki hubungan yang lepas, dan terbuka. Tertawa akan membawa Anda pada keintiman yang lebih dalam lagi. Anda akan mudah menyelesaikan perkerjaan-perkerjaan ataupun masalah-masalah Anda jika dijalani dengan sukacita.

Komunikasi yang Lancar.
Keintiman adalah hal yang harus dikerjakan, di komunikasikan, bukan tiba-tiba terjadi atau sudah terjadi, lalu hari ini tidak perlu dikomunikasikan lagi. Di mana tidak ada hal yang tersembunyi atau yang disembunyikan. Untuk itu kita harus terbuka akan segala hal kepada pasangan kita. Kalau perlu sampai hal terkecil pun perlu kita komunikasikan. Untuk itu diperlukan usaha setiap hari. Meski pun kita sudah lelah bekerja, tetap perlu berbicara dengan pasangan kita tentang hal-hal yang kita alami hari ini. Keintiman adalah komunikasi yang baik antar pasangan.

Panggilan Tuhan bagi pasangan berdua semakin cocok atau sepadan. Penting untuk melayani tujuan-tujuan yang lebih besar dari kebutuhan pribadi kita. Yaitu mencari Tuhan dan kebenaranNya. Mengerjakan panggilan Tuhan bagi kita. Agar hidup kita berdampak bagi orang lain. Ketika melayani Tuhan bersama-sama, suami istri akan mengalami keintiman yang semakin dalam dan indah.

Uang
Uang adalah hal penting bagi rumah tangga kita, tapi bukan segala-galanya. Uang adalah hamba dan alat. Oleh karena itu, kita harus mengelola uang yang kita miliki, supaya kita tidak diperhamba uang dan sebaliknya berguna untuk masa depan. Buat rencana yang baik dan masuk akal untuk dikerjakan. Buat prioritas dalam penggunaaan uang, yaitu utamakan untuk menggunakan uang untuk kepentingan : (1) Tuhan, (2) Manusia, (3) Investasi, (4) Barang-barang.

Sebagai contoh Ps. Philip Mantofa memiliki Pancasila Mantofa :
1. Ajari Anak takut akan Tuhan
2. Memberi pendidikan terbaik
3. Memberi rumah untuk masing-masing anak
4. Memberi mobil untuk masing-masing anak
5. Memberi Cashflow/ uang cash untuk masing-masing anak

Tentunya setiap orang tidak sama caranya, untuk itu buatlah "pancasila" sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga Anda sendiri. Ingatlah Uang memiliki power untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan juga sebaiknya Uang dapat menjauhkan kita dari Tuhan.
Janganlah memiliki gol menjadi orang yang sekaya-kaya mungkin. Miliki cita-cita yang realistis dan beri Tuhan ruang untuk menunjukkan keajaibanNya untuk mengembangkan mimpimu.

Tidak ada komentar: